Selasa, 03 Maret 2009

Head To Head : Google Vs Facebook

Gambar oleh Musigny

Gambar oleh Musigny

Kemarin saya “menjelajah” lebih dalam ke dalam facebook. Dan semakin di perhatikan, facebook dengan berbagai application-nya serasa mengcover berbagai layanan yang telah di cover oleh Google, namun dalam “kemasan” yang berbeda.

Well, Pada entri kali ini, saya mencoba membuat beberapa komparasi :

1. Facebook Status Vs Jaiku

layanan short message / update / status yang bisa ditimpali oleh comment.

2. Video Application Vs YouTube

Layana upload dan streaming / watch video. Di satu sisi Video Applicationnya facebook bahkan lebih “menarik” karena fitur tagging yang membangun kedekatan user terhadap video tersebut. belum lagi fitur publish video from mobile, dan recordnya. Tapi YouTube masih menang di brand, fitur embedd dan keterbukaannya.

3. Photo Application Vs Picasa

Saya belum terlalu akrab dengan picasa sih. Tapi setahu saya, keduanya masih punya “area kelebihan” tersendiri. Picasa bisa diintegrasikan ke Google Maps / Earth, sementara Photo Application Facebook dengan fitur tagging dan integrasi ke news feednya sangat mengasikkan

4. Events Application Vs Google Calendar

Pada cakupan ini, saya lebih senang facebook. Google Calender tidak bisa memberitahukan notifikasi ulang tahun teman - taman anda secara otomatis kan?

5. Notes Application Vs Blogger.com

Pada dasarnya, blog adalah entri yang bisa dikomentari. Well, notes lebih ke penggunaan personal sih. Blogspot lebih terbuka.

6. NetworkedBlogs Application Vs Google Reader

Jika di gunakan secara maksimal. But honesty, Google Reader lebih simple sih.

7. Facebook itself Vs Orkut

Sudah jelas kan? komparasi antar social network site :D

8. Facebook Chat Vs Google Talk

Sama - sama fasilitas chatting, tapi rasanya lebih potensial facebook chat deh. Orang berlama - lama membuka facebook untuk bersenang - senang dan keep connected. Di lain pihak, untuk apa berlama - lama membuka Google Account?

9. Facebook Targeted Ad Vs Google Adwords

Tidak bisa terlalu banyak komentar karena belum berpengalaman disini. Any comments?

10. Facebook Bookmarklet Vs Google Bookmarks

Idem dengan yang diatas.

11. Facebook Connect Vs Google Friend Connect

Sudah dibahas disini.

Overall, semua fitur “similar” yang terdapat di facebook memang berbeda cakupan dengan fitur - fitur Google sih. Saya pribadi mendefinisikannya dengan dunia luar - dunia dalam. Facebook sukses membuat mengkoneksikan orang - orang di “dunia dalam” jejaring pertemanan yang diciptakannya, sementara Google menghubungkan orang - orang di “dunia luar” web yang sangat luas. Maka dari itu, berbagai fitur “dunia luar” Google seperti Alerts, Translate, Search, Gmail dll mungkin belum bisa di padankan dengan fitur yang ada di facebook.

Meskipun begitu, pernahkah terpikir oleh anda apa yang terjadi jika facebook menelurkan browser? Seperti Google yang mentaskan chrome. Okelah, bukan browser mungkin. Tapi aplikasi yang dioptimasi untuk pengaksesan facebook saja. Well, it would be interesting. :D

Dilain pihak, bagaimana jika Google men-social networking-kan Google Account nya? Wah wah, it would be interesting too. LOL

Pendapat anda? Ada yang mau menambahkan?

Enjoy! :D

dari:http://bloggingly.com


0 komentar:

Posting Komentar

Daftar ke PayPal dan mulai terima pembayaran kartu kredit secara instan.
Bookmark and Share
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)