Sabtu, 19 November 2011

Kuliner Khas Indonesia "Bir Pletok"

sobat SL's pernah denger minuman yang satu ini?
hmmmh jangan salah duga dulu, biar namanya bir pletok, minuman ini sama sekali ga beralkohol, apalagi memabukkan, malahan minuman yang satu ini banyak khasiatnya,

pertama kali coba, rasanya lebih deket ke jamu atau wedang uwuh cuma lebih hangat dan ada sesuatu yang bikin rasanya khas, mungkin karena rasa pedas tapi bukan dari jahe seperti umumnya, terus rasa pedas ini mucul karena kombinasi tiga rempah yang memang biasa digunakan sebagai perasa pedas pada makanan sehari-hari, yaitu lada hitam, cabe jawa, dan serai atau sereh. Tapi sobat SL's tenang, rasa pedas yang dimaksud nggak seperti cabe rawit yang panas di mulut. Rasa pedas cuma buat penyegar, sisanya turun ke badan yang bakal menghangatkan,


Minuman yang asli dari daerah betawi ini, banyak khasiatnya, karena memang mengandung rempah tadi. misalnya kayu secang yang terkenal sebagai pengusir panas dalam, atau jahe yang bisa ngobatin masuk angin. tapi seiring berkembangnya zaman, minuman tradisional ini mulai terlupakan, biasanya baru ada pas acara - acara besar yang melibatkan budaya betawi, atau acara rutinan seperti Jakarta fair, kalo hari biasa, agak susah mendapatkan minuman yang satu in. kalau bukan ditempatnya.


tapi kalau memang sobat SL's penasaran sama bir pletok , bisa coba bikin sendiri dirumah,dibawah ini resepnya :



Bahan:

• 120gr kayu secang yang sudah diserut*
• 2 ruas jahe merah
• 5 butir kapulaga
• 1 sdt lada hitam*
• 2 buah cabe jawa*
• 2 lembar daun pandan
• 1 batang kayu manis*
• 1 batang sereh*
• 2 lembar daun jeruk purut
• 3 butir cengkeh
• 650ml air
• Gula pasir* sesuai selera

Keterangan: *bahan dasar yang harus ada. Jahe merah bisa diganti jahe biasa. (nggak tau bentuknya? coba di google, pasti ketemu!)



Cara membuat :

Semua bahan kecuali gula, daun pandan dan sereh sebaiknya di haluskan terlebih dahulu. Boleh di blender, tapi lebih baik jika di grind atau di ulek. Setelah itu, masukkan semua bahan kedalam air. Tunggu sambil diaduk sampai mendidih. Setelah mendidih, diamkan sampai agak hangat, lalu saring hasil rebusan tadi.

Bir Pletok siap di minum. Jika kurang manis tambahkan gula dan jika terlalu kental tambahkan air panas. Jika ingin diminum dingin tambahkan es batu.


oia, satu lagi, biar pun minuman ini banyak mengandung rempah, bir pletok ini bisa diminum kapan saja ga tergantung cuaca, waktu panas menggunakan es batu,pelepas dahaga yang sehat, dan waktu dingin dengan hangat pun juga asik.


ayo, kita mulai coba lestarikan kuliner khas indonesia, :)


(LC)


0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark and Share
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)