Senin, 20 Februari 2012

Beda Evdo dan Hsdpa

Kebetulan saya baru dapat modem yg d kasih embel2 EVDO, tp salah seorang teman bilang ada yg lebih bagus lg dari EVDO!!!loh,iki kan modem baru???kok wes ketingggalan???karena saya tidak mau ketinggalan zaman, saya mencoba cari tau kebenaranx di ineternet. dan ternyata beda loh???uda pada tau tah bedanya apa???

Evolution Data Only / Evolution Data Optimized(EVDO) itu teknologi koneksi data / internet berbasis CDMA. Dengan EVDO Generasi 3.5 (Rev A) sebagai generasi teranyarnya. Konon ini merupakan teknologi terbaru (sblmnya Rev 0 / 1x). Di dunia sampai saat ini baru 2 operator yg menggunakan teknologi ini, yaitu Sprint dan Verizon dari AS. Dan di Asia Tenggara baru Indonesia yg meluncurkan teknologi ini karena rata2 Operator CDMA masih menggunakan Rev 0 / 1x. evdo merupakan 3G desain untuk meningkatkan kecepatan data maupun voice dengan memanfaatkan jaringan telepon seluler yang telah ada. Dimana, kendala utama untuk menerapkan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi adalah minimnya bandwidth, atau range frekuensi yang dapat dipakai. Dengan banyaknya frekuensi radio yang dapat ditekan/dirampingkan pada gelombang FM, maka tidak terlalu banyak data yang bisa memnfaatkan bandwidt tersebut. EVDO yang mengembangkan teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm dapat memecahkan masalah ini.
nah sekarang apa yg dimaksud dengan HSDPA?

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G yang menggunakan teknologi internet berbasis GSM. HSDPA fase pertama berkapasitas 4,1 Mbps. Kemudian menyusul fase 2 berkapasitas 11 Mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 Mbit/s. Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang memungkinkan untuk penggunaan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik downlink). HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.

Ada jg yg mengatakan bahwa :

Pada teknologi EVDO voice dan datanya terpisah kanal, sehingga tidak mengganggu each other, tp kalo di HSDPA, yg ada sharing voice dan data. akibatnya begitu traffic voice up, secara otomatis traffic data lgsg down.
ttg QoS (Quality of Services, by default pd EVDO sudah otomatisasi ada sedangkan pada HSDPA tdk. QoS adalah added services dr operator.


0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark and Share
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)