Rabu, 12 Juni 2013

Papa Alpha Charlie Alpha Romeo

Pada komunikasi udara, menggunakan handie-talkie atau alat-alat komunikasi lainnya, seringkali terjadi noise atau gangguan, sehingga kadang kala terjadi salah dengar atau bahkan salah persepsi karena suara yang terdengar oleh lawan bicara seringkali kurang jelas (ingat sebuah iklan operator telpon selular yang mengingatkan pentingnya kejernihan suara, dengan menunjukkan salah persepsi bisa sangat berarti, dengan mengangkat sebuah kata eighty, tapi terdengar kurang begitu jelas, sehingga dikira eighteen!). Untuk menghindari salah dengar ini, disepakatilah penggunaan beberapa kata untuk mewakili alfabet dalam mengeja sebuah kata.

Pada dekade tahun 80-an, ada sebuah lagu yang populer, salah satu liriknya yang masih saya ingat adalah “papa alpha charlie alpha romeo… bertemu di udara..” Pada lirik lagu ini, kata p a c a r diucapkan dengan mengeja huruf demi huruf, namun dengan menggunakan istilah kata yang telah disepakati bersama. Memang, pada dekade tahun 80-an ini merupakan puncak kejayaan komunikasi radio amatir di Indonesia. Pada jaman tersebut, belum ada yang namanya chatting di IRC, apalagi YM. Yang saya ingat, waktu itu saya masih SD, seringkali memanfaatkan perangkat milik kakak –seingat saya ber-merek Kenwood– untuk chatting di udara… break.. break… dan nick favorit saya dulu adalah alpha romeo india.
Berikut adalah pengucapan ejaan berdasarkan urutan alfabet pada komunikasi radio secara internasional: Alpha Bravo Charlie Delta Echo Foxtrot Golf Hotel India Juliet Kilo Lima Mike November Oscar Papa Quebec Romeo Sierra Tango Uniform Victor Whiskey X-Ray Yankee Zulu.
Saya sudah lama tidak update knowledge tentang hal-hal yang berbau beginian. Yang saya lihat sih, beberapa operator taksi di Jakarta ada yang mengganti dengan istilah-istilah dengan kosakata Bahasa Indonesia. Untuk huruf M, Mike, saya juga menemukan ada yang menggunakan kata Mama .
Pengetahuan tentang istilah-istilah ini berguna juga untuk semua orang. Karena kadang kala kita mesti mengeja nama atau sebuah kata ketika berkomunikasi dengan orang lain (misal lewat telpon). Karena ketika kita mengeja dengan menggunakan alfabet, acapkali terjadi kesalahan persepsi karena ada beberapa huruf yang bunyinya mirip. Apalagi ketika kualitas suara alat komunikasi yang dipakai kurang baik, atau ada di tempat yang berisik, atau memang suara yang nelpon yang jelek!



zikri.com/2007/01/19/papa-alpha-charlie-alpha-romeo/


0 komentar:

Posting Komentar

Daftar ke PayPal dan mulai terima pembayaran kartu kredit secara instan.
Bookmark and Share
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)