Sabtu, 12 November 2011

Dart: Bahasa Pemrograman Baru untuk Pemrograman Web Terstruktur

Bagi sebagaian besar developer website mungkin sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman web seperti php dan asp. Hampir semua web programing menggunakan salah satu dari bahasa premrograman web tersebut untuk membangun sebuah website maupun aplikasi berbasis web. Hari ini (10/10/11), para web programing harus mulai bersiap dengan sebuah bahasa pemrograman baru untuk membangun Website. Bahasa pemrograman web baru tersebut adalah “Dart”. Preview awal Dart dirilis di Blog Milik Chromium pagi ini.

Dalam blog Chromium menjabarkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi tujuan dibuatnya Dart, yaitu Dart diharapkan dapat menjadi bahasa pemrograman web yang terstruktur namun fleksibel untuk pemrograman web. Sehingga memudahkan programer untuk mempelajari bahasa pemrograman Dart. Tujuan paling utama adalah untuk memastikan bahwa Dart menawarkan kinerja tinggi pada semua web browser modern dan lingkungannya. Dart dapat digunakan untuk segala macam proyek pembuatan web, mulai pembuatan web oleh perorangan atau freelancer hingga proyek-proyek skala besar yang memerlukan formalitas kode program programer tertentu.

dartlang

Dart kode dapat dieksekusi dalam dua cara berbeda: baik pada mesin virtual asli atau di atas mesin JavaScript dengan menggunakan compiler yang menerjemahkan kode Dart untuk JavaScript. Ini berarti programer dapat menulis sebuah aplikasi web di Dart kemudian mengcompail dan menjalankannya pada browser modern. Pihak pengembang Dart berencana menambahkan atau mengintegrasikan Dart dengan Chrome Browser, namun hal ini sementara masih dalam pertimbangan.

Dart dilengkapi dengan satu set library dasar dan peralatan untuk checking, compiling, dan running kode Dart, semua hal tersebut akan terus dikembangkan lebih lanjut dengan melibatkan partisipasi programer. Jadi boleh dibilang Dart merupakan Open Source yang siapapun dapat ikut berpartisipasi untuk mengembangkannya. Nah untuk teman-teman Geeks yang penasaran dengan bahasa Pemrograman Dart, silahkan langsung kunjungi http://www.dartlang.org/. Sekali lagi teman-teman bisa mendownload Dart dari sana dan jika tertarik untuk mengembangkannya, teman-teman Geeks bisa ikut mengembangkan Dart. Selamat Mencoba!!


Sumber:idgeeks.net/2011/10/10/dart-bahasa-pemrograman-baru-untuk-pemrograman-web-terstruktur/




0 komentar:

Posting Komentar

Daftar ke PayPal dan mulai terima pembayaran kartu kredit secara instan.
Bookmark and Share
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)