Kamis, 08 Desember 2011

Memandang “Cantik” dari Sisi Islam

Adalah sudah sangat wajar jika semua wanita menginginkan dirinya dapat tampil cantik secara lahiriyah. Cantik itu adalah anugerah yang diberikan Allah kepada setiap manusia. Namun, ada juga yang memandang jika “cantik” adalah sebuah ujian. Lalu bagaimanakan Islam memandang tentang kecantikan seorang wanita ini?

Cantik sebagai anugerah bisa kita lihat dari beberapa factor di bawah ini,

Dengan meningkatkan rasa syukur kepada Allah atas apa yang telah diberikan kepada dirinya.

Memiliki keyakinan diri yang tinggi, bahwa sesungguhnya kecantikan bukanlah segala-galanya.

Sedap jika dipandang mata. Itupun kembali lagi ke point pertama tadi.

Tampil seadanya. Tidak perlu menggunakan make-up yang berlebihan. Karena sebenarnya make up hanya akan menutupi kecantikan alami yang telah diberikan kepada wanita. Kita hanya perlu untuk merawatnya dengan baik dan menjaganya agar tetap tampil seadanya.

Bunga yang cantik pastilah akan menarik kumbang-kumbang untuk datang. Begitu juga dengan wanita. Jika ia dapat tampil cantik maka laki-laki pun akan banyak yang tertarik untuk mendekatinya. Semua itu terrgantung bagaimana wanita dapat menjaganya. Karena kecantikan hati lah yang lebih utama daripada kecantikan wajahnya. Karena bagaimanapun juga, cantik itu “relative”.

Lalu bagaimanakah kita bisa menyebut cantik adalah ujian? Cobalah simak beberapa point di bawah ini.

- Seringkali kecantikan wanita dijadikan bahan komersial. Karena kecantikan mereka hanya dipandang lahiriyahnya saja. Sehingga mereka tidak sadar jika kecantikan mereka hanya dimanfaatkana untuk diperjualbelikan saja.

- Wanita disayangi karena rupa. Sungguh menyakitkan jika wanita disayangi hanya karena parasnya saja yang cantik. Berarti mereka tidak disayangi secara tulus.

- Cantik hanya akan menimbulkan riak dalam hati. Seperti yang kita tahu, banyak wanita yang merasa iri pada wanita lain karena parasnya yang cantik. Sering mereka tidak bisa menerima apa yang mereka miliki dengan mengubah penampilan mereka, seperti “rebonding”, operasi plastic ataupun perawatan kecantikan yang lain. Mereka berlomba-lomba hanya untuk bisa tampil cantik di depan umum. Lalu apakah dengan cara seperti itu mereka dapat tampil cantik di hadapan Allah?

Setelah mereka dapati kecantikan itu, bagaimanakah jika Allah mengambilnya hanya dengan sekedipan mata?

Wanita-wanita cantik biasanya menjadi pilihan untuk melariskan berbagai produk di pasaran, seperti pengiklanan produk kecantikan, produk kesehatan, bahkan produk untuk laki-laki pun menggunakan wanita agar bisa laris dipasaran. Terkesan jadi rendah sekali??

Jadi, bersyukurlah dengan apa yang kita miliki, karena dengan bersyukur itulah kita akan bisa menerima semuanya dengan ikhlas. Terlebih lagi yakinlah pada diri sendiri bahwa kita dilahirkan cantik dan unik.


0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark and Share
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)