Jumat, 09 Desember 2011

Telkom akan genjot pemasaran IPTV Groovia


PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan menggenjot pemasaran produk Internet protocol television (IPTV) Groovia pada 2012 melalui sinergitas dengan jaringan pengembang perumahan di sejumlah kota besar.

"Saat ini pengembangan jaringan IPTV Groovia sudah bisa dinikmati di Jakarta dan sejumlah kota di Jawa Barat, kota lainnya seperti di Jatim dan Jateng akan menyusul," kata Operation Manager Regional Communication PT Telkom Wilayah Jawa Barat Asep Tatang di Bandung, Kamis.

Produk layanan IPTV Groovia dari Telkom menurut Asep Tatang sudah diluncurkan sejak Juni 2011 lalu. Jaringannya menanfaatkan jaringan telepon dan Speedy. Jaringan TV berbasiskan Internet itu bisa digunakan untuk membuka jaringan televisi maupun menonton pertandingan olah raga.

"Melalui layanan TV on demand, konsumen bisa memutar kembali siaran TV yang diinginkan maksimal tiga hari ke belakang secara utuh, atau bisa merekamnya langsung," kata Asep.

Teknologi IPTV itu sementara masih satu-satunya di Indonesia. Peminatnya menurut Asep Tatang cukup besar dan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Di Jawa Barat sekarang sudah ada sekitar 35 jaringan yang rata-rata bersinergis dengan pengembang perumahan atau apartement. Sebarannya di wilayah Bandung, Tasikmalaya, Cirebon dan di beberapa tempat lainnya.

"Pengembangan infrastrukturnya ditingkatkan, terutama di kawasan yang line-nya sudah diganti dengan serat optik," katanya.

Lebih lanjut Asep Tatang menyebutkan, pemasaran produk IPTV itu dilakukan satu paket dengan produk telepon rumah dan Internet karena jaringannya menggunakan jaringan yang digunakan kedua produk andalan Telkom itu.

Layanan terbaru Telkom ini berbeda dengan layanan TV berbayar lainnya. Groovia TV memiliki berbagai fitur interaktif yang belum pernah tersedia sebelumnya di dalam platform televisi berbayar manapun di Indonesia.

Selain tayangan channel-channel televisi premium, Groovia TV juga mengunggulkan berbagai fitur yang memungkinkan pelanggan untuk record, pause dan rewind tayangan TV favoritnya. Selain itu ada fasilitas video on demand (VoD), game on line bahkan karaoke.

IPTV merupakan platform layanan yang merupakan tahap lebih lanjut dari bentuk interaksi multimedia yang ada saat ini. Teknologi broadband yang mendukung Groovia TV memungkinkan tersedianya layanan konvergen dalam bentuk siaran televisi, video, audio, teks, grafis, data, dan telepon yang disalurkan ke pelanggan melalui jaringan IP (Internet Protocol).


Bandung (ANTARA News)
(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2011


Sumber:www.antaranews.com/berita/288137/telkom-akan-genjot-pemasaran-iptv-groovia


0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark and Share
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)