Rabu, 25 Februari 2009

Customize Friendster Dengan Javascript

Yo, salam buat teman-teman semua.Hm, pernah liat ga ada profile FS yang berbeda dengan profile biasa?? Contohnya ada Welcome Alert, Windows yang berputar, Gallery Photo yang jadi Slide, Friends Box yang berjalan, dan masih banyak lagi..

Nah semua itu adalah efek dari javascript, namun bagaimana caranya untuk membuat javascript, dan bagaimana memasukanya?? Padahal profile FS hanya bisa dicustomize dengan CSS dan HTML.Nah disini mari kita bahas sedikit mengenai Javascript Untuk Friendster.

Ada beberapa yang dibutuhkan untuk memasukan javascript di profile kita:

- Ripway Account. Daftar di http://ripway.com lalu ikuti petunjuk selanjutnya.

- File Javascript, Untuk dasar scriptnya download disini.

- Javascript Linker

Note : Disarankan Memakai Browser Mozzila Firefox .

1.Setelah membuat account di ripway.com, download file javascript ini.

2.Extract file tersebut, maka akan didapat 3 file yaitu : tracker.txt, tracker.css, external.css.

3.Yang menjadi Main Script adalah file bernama tracker.txt, di file inilah kita akan memasukan script js (javascript).Tracker.css adalah file untuk menambahkan visitor log di profile kita, dan external.css adalah file untuk menambahkan script atau code css.

4.Nah biar mudah, sekarang kita upload dulu ketiga file tersebut, nanti baru diedit.

5.Buka http://ripway.com , Log In dengan account yang sudah kamu daftarkan.Setelah itu masuk ke menu My Files, lalu.buat sebuah folder baru.Caranya ketikan nama folder yang ingin kamu buat pada kotak disebelah tombol bernama “create subfolder”.Lalu klik tombol itu (create subfolder).

6.Masuk ke folder yang baru kamu buat tadi, lalu klik tombol upload file, cari 3 file tadi lalu upload semuanya.Setelah terupload klik tulisan “return to my files” di bagian bawah.

7.Nah sekarang kita sudah punya file js yang siap untuk dipakai di profile kita.Sekarang coba lihat file external.css, Lalu copy link nya ( kalau di mozzila klik kanan à copy link location). Contoh : http://h1.ripway.com/apasaja/folderku/external.css nah setelah itu buka file tracker.txt dengan cara klik tombol edit setelah itu cari bagian ini

//css injection

// change link to your external css extention optional

var mycss = document.createElement("link");

mycss.type = "text/css";

mycss.rel = "stylesheet";

mycss.href = "Paste Kodemu Disini";

mycss.media = "screen, print";

document.getElementsByTagName("head")[0].appendChild(mycss);

di tulisan yang dicetak tebal, ganti dengan url link external.css kita.Contohnya seperti ini

//css injection

// change link to your external css extention optional

var mycss = document.createElement("link");

mycss.type = "text/css";

mycss.rel = "stylesheet";

mycss.href = "http://h1.ripway.com/apasaja/folderku/external.css";

mycss.media = "screen, print";

document.getElementsByTagName("head")[0].appendChild(mycss);

Setelah itu klik save.

8.Nah untuk menambahkan visitor log di profile kita.Buka link ini http://ra.x10hosting.com/wvm/tracker.php Lalu dikotak pertama masukan Friendster ID kamu, dan di kotak kedua masukan url link file tracker.css yang baru kamu upload tadi.Ingat tracker.css bukan tracker.txt lalu klik submit.

Um, Friendster ID adalah angka yang ada di alamat profile FS kita, contoh profile kita adalah http://profiles.friendster.com/68455239

Nah yang dicetak tebal adalah ID kita.Atau bila ada yang sudah diganti urlnya, silakan masuk ke profile FS saya disini http://profiles.friendster.com/68455239, nanti dibagian pojok kanan atas akan tampil ID kalian tinggal di blok lalu di copy (ctrl+c) maaf jangan di klik kanan, karena saya sudah mendisable klik kanan.

9.Sekarang buka link ini http://h1.ripway.com/racerkids/linker.txt , kopikan semua kode yang ada.Lalu ganti kata-kata Paste Txt Disini dengan url tracker.txt kamu, ingat tracker.txt bukan tracker.css.Setelah itu masukan semua kode kedalam media box di friendster milik kita.(edit profile).Lalu klik save.

10.Lihat hasilnya, apakah sudah ada kotak tambahan visitor log di profile kita.Bila sudah ada, berarti js kita sudah jalan dan berhasil.Bila belum tampil juga, coba di reload/refresh sambil menekan tombol shift pada keyboard.

Nah, untuk kode-kode yang lain seperti Welcome alert, Goodbye Alert, Testimonial Box, dll akan saya bahas di posting berikutnya.

Note : Disarankan Memakai Browser Mozzila Firefox .

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar ke PayPal dan mulai terima pembayaran kartu kredit secara instan.
Bookmark and Share
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)