Rabu, 09 November 2011

Kecantikan wanita ada pada kesederhanannya...

Bismillah..

Apa yang ada dalam pikiran kita atau orang lain ketika melihat entah di jalan atau dimanapun, berdiri tiga orang wanita.

Wanita yang pertama mengenakan pakaian dengan bahan dan motif yang indah, tak lupa di leher, telinga dan jemarinya menempel berbagai macam perhiasan. Rambutnya tergerai indah, hitam lurus dan seperti sering di Hair Spa.

Wanita kedua mengenakan jilbab dan kerudung yang juga terbuat dari motif yang indah dipandang mata. Teriknya sinar matahari membuatnya mengenakan kacamata hitam, perhiasan yang dikenakannya memang tak mencolok, hanya ada kalung, gelang dan sebuah cincin di jarinya dan cincin itu adalah tanda bahwa wanita tersebut telah menikah. Tas bahunya pun terbuat dari kulit asli dan penuh ukiran yang bagus.

Sedangkan wanita terakhir ditengah terik matahari, terlihat wajahnya penuh dengan keringat yang mengucur, matanya pun terlihat kering karena tersengat cahaya matahari. Dia mengenakan pakaian dengan bahan katun biasa tak bermotif, tas bahunya hanya terbuat dari kulit biasa yang sering dijual di pasar tradisional. Pandangannya tertunduk meski debu jalanan tak berhenti menempanya.

Dari tiga wanita tersebut, manakah yang akan lebih menarik perhatian para pengguna jalan yang melewatinya?

Secara logika, pastilah wanita pertama yang akan mendapat perhatian terbanyak, jika wanita itu telah berlalu dan tersisa dua wanita, maka perhatian terbanyak akan beralih pada wanita kedua, dan jika wanita kedua pun berlalu hingga tertinggalah wanita ketiga, mungkin tak akan ada yang mau meliriknya lagi.

Ukhti fillah, tapi tahukah kita jika diantara ketiga wanita tersebut siapa yang paling mulia di sisi Allah? Ya…wanita yang paling dilihat Allah dan mendapat kemuliaan disisiNya adalah wanita ketiga. Kenapa?

Secara lahir, kecantikan seorang wanita memang dilihat dari bentuk rupanya, dan secara batin kecantikan seorang wanita dilihat dari akhlaknya. Tapi kecantikan lahir dan batin seorang wanita terletak pada kesederhaannya. Sederhana dalam berpakaian dan menghias diri serta sederhana dalam bersikap sehingga tidak timbul sesuatu yang berlebih-lebihan. Sesunugguhnya Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan, dan wanita yang paling mulia di sisi Allah adalah yang tidak sombong dengan kelebihan dirinya serta mampu menjaga apa yang sudah Allah karuniakan padanya. Wanita yang ketiga jika dilihat secara kasat mata memang tak kelihatan cantik, tapi itulah yang membuatnya terhindar dari fitnah dan terjaga dari hal-hal yang mampu melecehkan dan menjatuhkan kehormatannya sebagai wanita. Seorang pencuri tidak akan tergiur dengan kotak hitam penuh debu padahal di dalamnya tersimpan permata indah dan mahal, tetapi pencuri akan lebih tertarik dengan kota penuh ukiran indah padahal di dalamnya hanya emas imitasi. Begitupun dengan wanita, wanita yang sederhana namun kehormatannya akan lebih terjaga daripada wanita yang senang bersolek padahal dirinya rawan dengan kejahatan manusia.

Ukhti fillah, terkadang ada rasa miris dan tidak enak, kala kita berdekatan dengan artis atau wanita cantik di sekitar kita. kita sering tidak percaya diri dengan keadaan apa yang kita punya sehingga itu merendahkan apa yang telah Allah berikan pada kita.

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman” QS.Ali Imran 139

“Wahai anak Adam, sesungguhnya kami telah menganugerahkan kepada kalian pakaian untuk menutupi aurat kalian dan pakaian yang indah sebagai perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian inilah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” QS.Al A’raf 26

Karena itu ukhti fillah, bukanlah pakaian dengan kain termahal dihiasi motif indah serta perhiasan yang menyilaukan mata bagi yang melihatnya dinamakan wanita cantik. Tapi wanita cantik adalah yang menyederhanakan diri ditambah dengan akhlak yang baik, sehingga aura keindahan itu akan terpancar dengan sendirinya. Dan hanya mata orang-orang berimanlah yang mampu menangkap keindahan itu.

Maka ukhti fillah, ketika kita tak punya pakaian indah dan perhiasan yang mahal, janganlah bersedih hati. Karena di mata Allah dan para penghuni langit, dengan jilbab yang kita kenakan meski sederhana, kitalah yang paling cantik. ^_^


0 komentar:

Posting Komentar

Daftar ke PayPal dan mulai terima pembayaran kartu kredit secara instan.
Bookmark and Share
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)