Jumat, 11 November 2011

Sunnah Adalah Amanah





Sayidina Ali ra.mengatakan sebagai berikut,”Barangsiapa tidak memiliki sunahtullah,sunah Rasul,dan tidak memiliki sunah para wali,maka dia tidak memiliki kebaikan sedikitpun.”kemudian Ali ditanya,”Apa yang dimaksud dengan sunahtullah?”

Ali menjawab,”menyembunyikan rahasia.”Ali ditanya lagi,”Apakah sunah rasul itu?”

Ali menjawab,”Berkeliling memperhatikan keadaan umat manusia,Ali kembali ditanya?”Apakah sunah para wali itu?’

Ali menjawab,”Menanggung kesabaran atas sesuatu yang menyakiti mereka.keadaan para wali sebelum kami berwasiat dengan 3 perkaradan mereka mengirimkan surat kepada sebagian mereka tentang hal itu,yaitu:barangsiapa beramal untuk akheratnya,maka Allah memberi kecukupan kepadanya dalam urusan agama dan dunianya,barangsiapa yang baik batinnya,maka Allah akan memperbaiki dhahirnya,dan barangsiapa yang mengiklaskan amal yang berhubungan dengan Allah maka Allah,akan meluluskan amalnya yang berhubungan antara dia dengan sesama manusia.




0 komentar:

Posting Komentar

Daftar ke PayPal dan mulai terima pembayaran kartu kredit secara instan.
Bookmark and Share
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)